Franchise Popchick Chicken ~ Peluang Bisnis Chicken Popcorn
Franchise Tahu Gila ~ Peluang Bisnis Tahu Goreng Crispy

Artikel

5 Peluang Usaha Seblak yang Paling Menjanjikan

Author : WaralabaKu.com
Afiliasi :
Tanggal : 2018-11-19
Topik : Advertorial



5 Peluang Usaha Seblak yang Paling Menjanjikan

Makanan Kekinian, Inilah Asal-Usul Seblak

Bisnis waralaba kuliner Seblak hadir dengan banyak inovasi baru di kalangan masyarakat baik tua maupun muda. Seblak saat ini lebih dikenal sebagai makanan khas dari Kota Bandung, meskipun ada yang mencampuradukan dengan krupuk Godog. Krupuk Godog berasal dari Sumpiuh, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, yang mirip dengan Seblak yang baru hadir di tahun 2000-an.

Seblak saat ini menjadi jajanan jalanan yang disukai berbagai kalangan masyarakat khususnya di daerah Jawa Barat dan Jabodetabek. Seblak banyak dijual di rumah makan dan warung, serta tidak sedikit yang dijajakan di gerobak keliling atau di tepi jalan. Seblak yang banyak dijadikan produk waralaba kekinian ini, selain memiliki tekstur pedas dan kenyal, rasanya juga menyegarkan sehingga banyak digemari oleh masyarakat banyak.

Selain itu, jajanan khas Kota Bandung yang akhirnya berkembang menjadi usaha waralaba ini, juga memiliki banyak variasi, baik variasi rasa, bahan tambahan, maupun kemasannya. Oleh karenanya tak pelak lagi Seblak, yang merupakan nama bumbu yang terbuat dari bahan kencur dan cikur ini menjadi viral. Camilan ini menarik minat tidak hanya masyarakat Jawa Barat saja, tetapi sudah merambah kota-kota lain di Pulau Jawa seperti Jabodetabek dan Jogjakarta.

Seblak yang juga mulai viral di kalangan pelaku bisnis kecil ini terdiri atas dua jenis, yaitu Seblak basah dan Seblak kering. Seblak kering yang agak jarang ditemukan di pasaran, merupakan kerupuk pedas yang mirip dengan basreng atau baso goreng.

Sedangkan Seblak basah memiliki tekstur yang kenyal dan lengket dengan rasa pedas. Seiring dengan meningkatnya konsumen, Seblak basah ini selanjutnya dikembangkan dan dimasak dengan berbagai bahan campuran, seperti sayuran, daging, dan telur.

Selanjutnya banyak pelaku usaha waralaba dan pemain baru yang membuat berbagai variasi tambahan, seperti Seblak makaroni, Seblak ceker, Seblak tulang, Seblak tahu, Seblak bakso, Seblak mi atau kwetiau dan Seblak cilok. Seblak kerupuk ini selanjutnya dibubuhi bermacam bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kencur, garam, kunyit, cabe rawit, dan penyedap rasa.

Rasa pedas dan gurih dari Seblak ini juga dikembangkan dengan banyak variasi dari level pedas biasa hingga ekstra pedas serta berpadu dengan bumbu aroma dan rasa kencur yang tajam. Oleh karenanya tidak dapat dimungkiri, Seblak banyak digemari sebagai makanan camilan dengan rasa khas yang membuat ketagihan banyak orang.

Potensi Peluang Usaha Seblak

Tidak banyak orang mengetahui bahwa peluang usaha Seblak ini cukup menjanjikan. Bila melihat kembali kuliner ini dari latar belakangnya, akan dapat membuat Anda bisa mengenal Seblak dengan lebih baik. Seperti kita ketahui saat ini, Seblak ini menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Hal ini disebabkan kuliner dengan bahan dasar kerupuk aci yang direbus, lalu direndam dalam air dingin dan ditiriskan, kemudian diolah dengan beragam bumbu ini cita rasanya sungguh nikmat

Dilihat dari kacamata bisnis, Seblak memiliki prospek usaha yang bisa dikatakan cukup cerah. Hal ini disebabkan banyaknya peminat atau pecinta kuliner dari berbagai daerah yang menjadikan Seblak sebagai makanan favorit. Jadi jangan terjebak dengan anggapan bahwa usaha dengan modal kecil tidak memberikan hasil maksimal. Bisnis waralaba modal kecil apabila dikelola dengan baik, akan bisa menjadi sumber penghasilan utama Anda dengan keuntungan luar biasa.

Apalagi Seblak telah naik kelas dari yang sebelumnya hanya dijual oleh pedagang kaki lima di tepi jalan, saat ini menjadi makanan favorit kelas atas dengan berbagai kreasi dan varian baru. Pengolahan kerupuk yang biasa dilakukan yaitu dengan digoreng, pada olahan Seblak basah ini kerupuk mentah justru direbus lalu disajikan dengan disiram kuah dan dihidangkan bersama bahan lain seperti sosis, bakso, sayuran, udang, atau mi. Inilah yang menjadi alasan Seblak ini menjadi jenis kuliner yang istimewa karena berbeda dari yang lain.

Nah, berikut ini adalah beberapa potensi peluang usaha Seblak yang perlu Anda pertimbangkan.

Modal Kecil dan Cepat Kembali

Bagi yang bermodal kecil, usaha Seblak ini menjadi peluang usaha yang bisa mendatangkan keuntungan dengan cepat dalam waktu 1-3 bulan. Cukup dengan modal sebesar Rp3.500.000 saja, Anda bisa mulai usaha ini termasuk mendapatkan peralatan memasak dan perlengkapan berjualan, serta bahan-bahan awal. Selanjutnya setelah balik modal dan mulai berkembang, Anda pun bisa membeli lagi sebuah gerai franchise baru dan membuka cabang baru.

Bahan Baku Mudah

Bisa dikatakan Anda tidak akan mengalami kesulitan berarti untuk mendapatkan bahan baku Seblak ini. Anda bisa mendapatkannya di pasar-pasar atau memesan pada pembuat bahan baku Seblak dengan kualitas yang terjaga. Dengan demikian, bila Anda menjalankan peluang usaha Seblak ini, tidak perlu khawatir dalam mendapatkan pasokan bahan baku.

Pangsa Pasar Besar

Perlu diketahui bahwa peluang usaha Seblak ini memiliki pangsa pasar yang tidak sedikit, karena banyak orang suka makan Seblak. Selain rasanya nikmat harganya pun terjangkau. Apalagi bila dilakukan inovasi Seblak dengan tingkat kepedasan yang berbeda, karena tidak sedikit orang dewasa yang menyukai rasa pedas yang memuaskan selera. Oleh karenanya bisa dikatakan potensi usaha Seblak ini memiliki pangsa pasar yang luas.

Pemasaran Mudah

Jika Anda telah mendapatkan lokasi yang strategis untuk membuka gerai usaha Seblak ini, Anda dapat memasarkan produk ini dengan mudah. Apalagi bila Anda menghias gerai Seblak dengan dekorasi unik sehingga banyak orang tertarik untuk mampir dan mencoba Seblak Anda.

Proses Pembuatan Mudah

Selain bahan baku dan pemasaran yang mudah, ternyata cara membuat Seblak pun tidaklah sulit. Bahan-bahan yang diperlukan pun mudah diperoleh seperti kerupuk kanji, telor ayam, daung bawang, seledri, garam, penyedap rasa, kecap manis, cabe rawit, bawang merah dan bawang putih, serta kencur.

Pertama kerupuk direndam dalam air panas hingga mengembang lalu ditiriskan dan ditambahkan sedikit minyak goreng agar tidak lengket. Bahan seperti cabe rawit, bawang merah dan putih, kencur diulek halus dan ditumis hingga harum, dan tambahkan irisan daun selederi dan daun bawang lalu aduk rata.

Setelah itu ditambahkan kerupuk, telor yang telah dikocok dan diaduk menjadi orak-arik. Lalu tinggal menambahkan sedikit air, garam, dan penyedap rasa. Setelah diaduk hingga air hampir menguap, dibubuhi kecap lalu diaduk terus hingga air habis. Sudah beres dan Anda tinggal menyajikannya di atas mangkok dengan menambahkan bawang goreng. Mudah bukan?

Nah, itulah 5 alasan mengapa peluang usaha Seblak ini bisa Anda pilih sebagai produk usaha Anda. Bila Anda melakukannya dengan passion dan menjalankannya dengan tekun, usaha Seblak Anda bisa berkembang dengan baik. Selain itu, peluang yang masih terbuka lebar ini bila dibarengi dengan minat dan kerja keras, tentu membuat bisnis ini berjalan lebih lancar.


Tips-tips Menjalankan Usaha Seblak

Dengan semakin digandrunginya Seblak karena rasanya yang gurih, pedas, dan cara membuatnya yang mudah, tentunya Seblak bisa menjadi pertimbangan Anda saat memilih usaha kulineri. Nah, bila Anda tertarik mulai usaha Seblak ini, inilah tips-tips yang bisa Anda terapkan, agar usaha ini dapat berkembang dan berjalan lancar.

Lokasi Strategis

Lokasi strategis menjadi pertimbangan utama saat Anda berjualan, apalagi dalam menjalankan usaha franchise ini. Seblak tidak hanya dikenal oleh kalangan orang tua tetapi juga anak-anak muda. Oleh karenanya, harus dipertimbangkan untuk memilih lokasi yang dekat dengan tempat hang out anak muda seperti pusat perbelanjaan, kampus, taman, dan tempat ramai lainnya dengan mobilitas tinggi. Namun, jika harus membuka tenda pinggir jalan pun tidak masalah, asal lokasinya tetap strategis dan dijaga kebersihannya.

Kreativitas Rasa

Pelanggan tentu akan merasa bosan dengan rasa dan jenis makanan yang monoton. Jadi, usaha franchise Seblak ini pun perlu menawarkan kreativitas rasa dengan menghadirkan cita rasa dan eksperimen baru. Entah diberikan modifikasi sajian toping baru seperti jamur, siomay, aci, ataupun batagor. Level kepedasan yang berbeda bisa diterapkan dari 1-5 atau bahkan hingga 15, dengan memasukkan jumlah bumbu cabe yang berbeda dalam adonan. Dengan demikian, pelanggan pun tertarik untuk terus mencoba rasa varian baru sesuai selera mereka masing-masing sehingga tidak merasa bosan.

Modifikasi Tempat Berjualan yang Unik dan Baru

Selain kreativitas dalam hal rasa, modifikasi tempat berjualan dan cara penyajian pun perlu dilakukan. Kedai atau Gerobak Seblak bisa tampil unik dengan tulisan ala kafe Italia dalam warna yang eyecatching. Dengan demikian, di lokasi yang banyak orang sibuk berlalu lalang, gerobak ataupun kios franchise Seblak Anda dapat menarik perhatian dan keinginan mereka untuk mampir dan mencobanya.

Strategi Kemasan Siap Saji

Harus diakui bahwa makanan seperti Seblak menjadi usaha franchise yang sangat menguntungkan, terbukti dengan adanya inovasi yang dilakukan secara kontinu. Salah satunya adalah mengemasnya dalam kemasan siap saji seperti Pop Mi. Dengan melakukan strategi ini, Seblak bisa dipasarkan juga secara online. Dengan demikian, pangsa pasar usaha Seblak ini menjadi semakin luas tidak terbatas di satu kota saja.

Menjaga Kebersihan

Kebersihan peralatan masak dan bahan-bahan yang digunakan serta tempat berjualan menjadi hal yang tidak boleh diabaikan. Kebersihan yang terjaga, dapat juga membuktikan bahwa rasa Seblak yang disajikan terjaga kualitasnya. Bahan-bahan yang masih segar yang selanjutnya dibuat adonan, juga termasuk syarat untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung. Bumbu yang segar dan kerupuk basah sebaiknya juga dibuat sendiri atau bekerja sama dengan pihak yang berpotensi atau franchise sehingga kualitasnya tetap terjaga dan rasanya dijamin nikmat.

Daftar Merek Waralaba atau Kemitraan Seblak

Seiring dengan semakin digemarinya Seblak dan penyajiannya yang semakin beragam dengan berbagai jenis toping, tidak heran jika semakin banyak pemain baru yang terjun di bisnis kuliner ini. Untuk mempercepat perluasan usaha, banyak pengusaha Seblak ini menawarkan program kemitraan usaha.

Berbagai paket ditawarkan dari mulai paket hemat hingga paket komplit, tentunya beserta pelatihan dan berbagai perlengkapan masak termasuk bahan makanannya. Ini dilakukan agar waralaba ini dapat berkembang lebih cepat dan tentunya untuk tetap menarik minat konsumen.

Nah, jika Anda tertarik untuk mulai bisnis modal kecil melalui kemitraan Seblak ini, inilah beberapa review kemitraan usaha gerai Seblak yang bisa menjadi referensi Anda. Banyak pemain baru yang menyajikan inovasi pada produk dan gerai Seblaknya. 5 jenis merek waralaba atau kemitraan Seblak yang sudah melakukan ekspansi melalui waralaba adalah sebagai berikut :

1. Seblak Basah Ateu

Bisnis modal kecil Seblak Basah Ateu sudah dimulai sejak April 2015 di Padalarang. Seblak Ateu memiliki keistimewaan kemitraan yang ditawarkan yaitu menambah bahan-bahan lain seperti makaroni, siomay, baso, sosis, bahkan perpaduannya. Siomay menjadi menu spesialnya dan pelanggan bisa memilih level kepedasan, dari level 5, 8, dan 10. Paket investasi yang ditawarkan yaitu paket Rp 9,5 juta dan paket 6 juta. Tentunya Anda bisa memilih paket sesuai kantong sehingga tidak memberatkan.
Baca Selengkapnya

2. Seblak Kaboom

Seblak kaboom yang hadir di Jogjakarta pada tahun 2015 ini menggunakan cabai segar tanpa bahan pengawet. Selain Seblak original, Seblak Kaboom menawarkan inovasi dengan rasa teriyaki dan blackpepper. Uniknya di dalam Seblak terdapat makaroni dengan porsi cukup banyak. Terdapat 4 pilihan level pedas dengan pilihan isi yang sangat beragam dari bakso, ceker, sosis, kikil, hingga seafood. Untuk paket kemitraan bisnis modal kecil Seblak Kaboom menawarkan harga Rp10 juta termasuk gerobak dan perlengkapan, bahan baku 10 porsi, dan sewa lokasi satu bulan pertama.
Baca Selengkapnya

3. Seblak MasBerto

Seblak MasBerto hadir sejak tahun 2014 silam di Kota Jakarta dan menawarkan berbagai pilihan toping seperti bakso, sosis, dan ceker. Keistimewaan dari Seblak MasBerto ini yaitu rasanya lebih otentik karena memiliki racikan bumbu khusus dan berbeda. Kemitraan yang ditawarkan oleh bisnis modal kecil ini adalah paket hemat Rp10 juta dengan fasilitas merek usaha, bahan baku awal, peralatan masak sederhana, pelatihan, serta branding. Sedangkan paket komplit sebesar Rp25 juta mendapatkan merek usaha, satu unit booth, bahan baku awal, peralatan masak lengkap, pelatihan, dan branding.
Baca Selengkapnya

4. Seblak Mommy (Mommyindo)

Seblak Mommy hadir sebagai peluang bisnis di Bandung dalam bentuk instan atau siap saji layaknya mi instan. Oleh karenanya, para penikmat tinggal menyeduhnya saja dengan air panas sehingga lebih praktis. Seblak Mommy pun menjadi sebuah brand franchise dengan nama Kedai Seblak Mommy dengan menawarkan 4 varian rasa yaitu original, rending, spicy, dan super spicy. Untuk kemitraan, terdapat tiga kategori harga yaitu Rp300 juta, Rp500 juta, dan Rp700 juta di luar tempat. Hal ini disebabkan konsep instan dianggap lebih menjanjikan bagi peluang bisnis dan memenuhi kebutuhan konsumen kapanpun dan di manapun.
Baca Selengkapnya

5. Seblak Riweuh

Seblak Riweuh hadir di Tangerang pada tahun 2015 lalu dan menyediakan menu Seblak basah dengan tiga toping yaitu ceker, bakso, dan telor. Terdapat juga menu spesial ceker yang terdiri dari 5 buah ceker, tetapi tidak menggunakan makaroni dan kerupuk basah. Kemitraan yang ditawarkan sebagai peluang bisnis dengan nilai investasi sebesar Rp10 juta. Mitra akan mendapatkan fasilitas berupa perlengkapan memasak, gerobak, media promosi, satu set meja, lampu, kotak, daftar menu, kotak sajian, bahan baku awal untuk 45 porsi , dan tentu saja pelatihan.

Nah, itulah sebuah peluang bisnis salah satu makanan khas Kota Bandung yang sedang naik daun serta telah merambah kota-kota lain di Pulau Jawa. Seiring dengan meningkatnya pamor Seblak ini, jelas menjadikan Seblak sebagai pilihan bisnis yang tepat karena keuntungan yang dihasilkan bisa lebih maksimal. Jadi sangat disayangkan bila Anda melewatkan sebuah peluang bisnis yang spesial dan menjanjikan ini.
Baca Selengkapnya


Jika Anda berminat menjadi mitra kami. Silakan hubungi tim WaralabaKu ke nomor whatsapp 0822 9913 2930 atau email : waralaba_ku@yahoo.com


Artikel Terkait

>
Mengintip Potensi Bisnis Franchise Seblak Mommy ( Tanggal : 2018-11-15 )
Author : WaralabaKu.com           Afiliasi :
   
>
Yakin Mau Jadi Pegawai Terus ? Kalo Bisa Jadi Boss Kenapa Tidak! ( Tanggal : 2016-08-18 )
Author : Reed Panorama           Afiliasi : Reed Panorama
   
>
Peluang Usaha Seblak Basah Ateu, Modal Kecil Untung Besar ( Tanggal : 2018-11-15 )
Author : WaralabaKu.com           Afiliasi :
   
>
Melirik Franchise Seblak Riweuh, Bisnis Modal Kecil Untung Besar ( Tanggal : 2018-11-15 )
Author : WaralabaKu.com           Afiliasi :
   
>
Mencicipi Hot-nya Peluang Bisnis Seblak Kaboom ( Tanggal : 2018-11-15 )
Author : WaralabaKu.com           Afiliasi :
   
>
Tips-Tips Sukses di Bisnis Pendidikan ( Tanggal : 2011-12-05 )
Author : Didik           Afiliasi : AyoPinter
   
>
Wujudkan Impian Memiliki Minimarket Melalui CBD Mandiri ( Tanggal : 2011-07-06 )
Author : CBD Mandiri           Afiliasi : CBD Mandiri
   
>
Bagaimana Memfranchisekan Usaha Anda : Dari Bisnis Ownership Ke Bisnis Franchise ( Tanggal : 2012-01-04 )
Author : Coach Raul           Afiliasi : Direct Coach
   
>
Mendulang Rupiah dari Bisnis Waralaba Seblak MasBerto ( Tanggal : 2018-11-15 )
Author : WaralabaKu.com           Afiliasi :
   
  Daftar Seluruh Artikel

 
Franchise Chocolate Ice Blend Wisco ~ Peluang Bisnis Minuman
Franchise Chocolate Ice Blend Wisco ~ Peluang Bisnis Minuman