Franchise Rachacha Thai Tea ~ Peluang Bisnis Minuman Teh Thailand
Franchise Kako Thai Tea Indonesia ~ Peluang Bisnis Minuman Teh

Berita

Liputan FLEX Tour de Sumatera 2009


Tanggal : 2009-12-28





Liputan Penyelenggaraan
FLEX Tour de Sumatera 2009


Mulai medio Oktober sampai awal November tepatnya 16 Oktober – 8 November 2009, telah berlangsung event Tour de Sumatera 2009 ; Franchise, License, and Business Opportunity Expo, di tiga kota besar di Sumatera. Event ini digawangi oleh Indonesia Expo Service (INDEXS), salah satu event organizer berkembang saat ini yang telah berpengalaman khususnya di Jawa Barat. Bekerja sama dengan Perhimpunan Waralaba dan Licensi Indonesia, INDEXS mencoba memberikan angin segar kepada masyarakat di daerah Sumatera khususnya para pebisnis waralaba dan lisensi , untuk mengenali lebih dekat tentang bisnis franchise dan lisensi pada khususnya.

Event ini sendiri awalnya dimulai di Medan, kota multi etnis dan salah satu kota terbesar di Sumatera yaitu tanggal 16 – 18 Oktober 2009 di Tiara Hotel & Convention Center, yang diikuti oleh para franchisor nasional dari Jakarta, Bandung, Kediri, Banda Aceh dan sebagainya. Acara ini dibuka secara resmi oleh Kadisperindag Provinsi Sumatera Utara, Bapak Drs. M Hasbi Nasution, Msi. Para peserta merupakan franchisor di bidang makanan dan minuman , laundry, kiriman express &travel, apotek, entertainment, automotif, konsultan bisnis, BNI dan sebagainya. Event ini diminati banyak pengunjung di mana baru pertama kali event franchise terbesar diselenggarakan di Medan. Di Event ini tidak hanya menghadirkan para peserta dari berbagai macam bidang waralaba, namun juga diadakan seminar dan talkshow yang digagas dan dibawa oleh WALI. Bertindak sebagai narasumbernya adalah Ibu Levita Supit selaku Ketua Umum WALI, Ibu Evi Diah Puspitawati selaku Ketua bidang Keanggotaan WALI dan Bapak Emir Pohan sebagai Konsultan Hukum dan Legal dari WALI. Seminar ini sendiri berlangsung lancar dan mampu menjawab semua persoalan dan memberikan pemahaman serta solusi bagi para peserta seminar. Selain itu juga ada talkshow yagn mengangkat tema-tema menarik seputar waralaba, sebagai pembicaranya adalah Tim WALI dan beberapa peserta franchisor. Hanya dalam tiga hari saja, para peserta franchisor dapat mengantong nama-nama para franchisee yang adalah prospek positif. Beberapa peserta mengemukakan bahwa mereka awalnya tidak begitu menyangka kalau antusias masyarakat sangat besar untuk membangun bisnis franchise di Medan. Dan ini merupakan usaha yang tidak sia –sia bagi mereka untuk datang jauh-jauh ke Medan. Bahkan salah satu peserta yang baru mengawali bisnisnya sebagai franchisor yaitu Bioskop Mini dari Kediri dengan penggagasnya Bapak Robbi berhasil mendapatkan franchisee untuk kota Medan. Dan ini merupakan awal kebanggaan bagi Bapak satu orang anak ini, karena sejak datang ke Kota Medan telah membawa kepercayaan yang tinggi dan optimis dengan modal awal franchise senilai 220 juta rupiah. Begitu pula para peserta lain seperti Aqualis laundry, Ikki Group, Ayam Tulang Lunak Cepy dan Oto Bento, Apotek K24, Ultra Disc, King Auto Interior, Auto Bridal dan sebagainya. Bahkan salah satu franchisor dari Banda Aceh yaitu Apotek Syariah Pratiwi ikut merasakan dampak postitif dengan mengikuti event ini.

Kemudian disusul di Pekanbaru, pada tanggal 30 Oktober – 1 November 2009, di Kota yang sarat kental dengan budaya melayu ini, event FLEX terselenggara bahkan lebih meriah dan antusias masyarakat yang sangat tinggi terhadap event ini. Event ini diselenggarakan di Graha Dang Merdu, yang dibuka secara resmi oleh Bapak Ir. Feisal Qamar Karim, M. Eng selaku Kepala BKPMD Provinsi Riau. Antusias yang tinggi bukan hanya terlihat dari banyaknya pengunjung saja, namun pihak pemerintah provinsi dan KADIN Provinsi Riau yang sangat membantu dan mendukung pelaksanaan event ini. Event ini masih diikuti oleh para peserta yang sama dengan event di Medan. Hanya saja ada beberapa wajah baru dari franchisor nasional dan franchisor lokal dari Pekanbaru yang ikut meramaikan event ini.

Meskipun untuk event di Pekanbaru tidak diadakan seminar seperti yang diadakan di Medan, di event kali ini tetap diadakan talkshow yang menghadirkan Tim WALI dan para peserta. Namun semua itu tidak mengurangi makna dan tujuan event ini sendiri. Untuk hasil closing, para peserta menunjukkan perkembangan yang lebih baik dibandingkan dengan di Medan, dan ini merupakan bumbu penyemangat baru lagi untuk para franchisor. Salah satu hasil nyata adalah Ikki Group yang harus pulang dengan beban yang lebih ringan karena salah satu franchiseenya langsung membeli gerobak Martabak Sarang Semut (Ikki Group) yang tadinya digunakan sebagai contoh display untuk pameran.

Event FLEX; Tour de Sumatera 2009, akhirnya ditutup di Kota Palembang, kota yang terkenal dengan penghasil olahan ikan dan pempek. Di kota ini, meskipun tidak seantusias di dua kota sebelumnya tapi berjalan dengan baik. Menurut Kabid Perdagangan Kota Palembang Bapak Yustianus Jafar, SE , Masyarakat dan Pemerintah Palembang sangat mengharapkan event ini selanjutnya dapat berlanjut seterusnya di tahun-tahun mendatang. Karena secara dunia fanchise belum begitu marak di kota Palembang seperti kota –kota lainnya. Menyambung pembicaraan Kabid Perdagangan Kota Palembang, Ibu Levita Supit selaku Ketua WALI mengiyakan bahwa setiap daerah terutama di Kota Sumatera memiliki karakter berbeda-beda. Beliau juga mengharapkan event ini dapat berlangsung tahunan sebagai media komunikasi lebih dekat antara para franchisor nasional dari berbagai daerah dengan masyarakat bisnis di Sumatera. Dengan adanya event ini, dapat membuktikan pula bahwa bisnis waralaba dan lisensi tidak hanya dapat berjalan sukses di kota kota besar di Jawa saja, tapi juga di kota-kota di Sumatera, jadi sepatutnya kita semua berterimakasih kepada Bapak Ir. I W Suranata selaku Managing Director dan timnya di INDEXS yang telah sukses menyelenggarakan event ini dan terus mendukung mereka untuk berusaha lebih baik lagi di masa mendatang.

Sebagai ungkapan terimakasih INDEXS kepada para peserta dan penghargaan KADIN kota Palembang, pada hari penutupan FLEX ; Tour de Sumatera 2009, seluruh peserta dan tim INDEXS didampingi oleh Bapak Yustianus Jafar berjalan-jalan menikmati indahnya pemandangan Ampera dan makan malam di sepanjang sungai Musi. Berikutnya para tim dan peserta juga diajak hunting ria makan durian di Pasar setempat. Tampak keceriaan dan kebersamaan yang tak terlupakan, dan diharapkan kerjasama dan kebersamaan seperti ini akan tetap terjalin di event FLEX berikutnya.

sumber: Press Release INDEXS

Galeri Foto FLEX Tour de Sumatera 2009

FLEX 2009 - Pembukaan Medan
Peresmian Pembukaan FLEX 2009 di Kota Medan oleh Kadisperindag Prov Medan, Managing Director INDEXS dan Ketua WALI.


FLEX 2009 - Talkshow Pekanbaru
Suasana Talkshow di Pekanbaru


FLEX 2009 - Medan
Foto Bersama dengan beberapa peserta FLEX 2009 di Medan
 


FLEX 2009 - Logo

Logo INDEXS




 
Franchise Nyot Nyot Thai Tea ~ Peluang Bisnis Minuman Teh
Franchise Nyot Nyot Thai Tea ~ Peluang Bisnis Minuman Teh