Klik tabel di atas
utk melihat statistik pengunjung
Sop Durian Durio
Chicken Day ~ Restoran Cepat Saji Berkonsep Modern & Menu Lengkap

Berita

14 Waralaba Lokal Siap Go Internasional


Tanggal : 2010-11-13





Program Ekspor Waralaba & Lisensi Indonesia 2010:
14 Waralaba Lokal Siap Go Internasional



Bisnis waralaba adalah bisnis favorit di Indonesia. Ini terlihat dari jumlah pelaku waralaba yang semakin meningkat dari tahun ke tahun. Ketua WALI (Waralaba & Lisensi Indonesia), Levita Supit, menyebutkan bahwa sepanjang tahun 2010 ini omzet waralaba di Indonesia diperkirakan sebesar 100 triliun rupiah. Jumlah pekerja yang berada di sektor waralaba di tahun 2010 ini diperkirakan sebesar 1,2 juta jiwa. Ini artinya sektor waralaba adalah sektor bisnis yang potensial dalam meningkatkan perekonomian dan menyerap tenaga kerja di Indonesia.

Di lain pihak, sepanjang tahun 2010 ini pula, sudah 13 waralaba asing masuk ke Indonesia. Bagi negara lain, terutama negara-negara tetangga, Indonesia dianggap sebagai pangsa pasar yang potensial untuk bisnis waralaba. Amir Karamoy selaku Ketua Komite Tetap Waralaba & Lisensi Indonesia menyebutkan bahwa pertumbuhan waralaba lokal di Indonesia adalah salah satu yang terpesat di dunia, bahkan yang terpesat di Asia, yaitu sekitar 6-7% per tahun. Namun sayangnya hanya sebagian kecil dari usaha tsb yang dianggap layak dan siap untuk bersaing dengan waralaba asing untuk memasuki pasar internasional. Beberapa dari mereka mencoba untuk menembus pangsa internasional namun kebanyakan hanya bertahan paling lama 2 tahun. Untuk mengatasi hal tsb dibuatlah suatu program yang bertajuk "Ekspor Waralaba & Lisensi Indonesia".

Sebagai hasilnya, 14 usaha waralaba Indonesia diumumkan sebagai finalis program "Ekspor Waralaba & Lisensi Indonesia 2010" pada acara pembukaan Franchise & License Expo Indonesia 2010. 14 usaha waralaba tsb dinyatakan layak ekspor setelah melalui proses seleksi yang ketat selama sekitar 2 bulan oleh tim dari Komite Tetap Waralaba & Lisensi KADIN bersama Perhimpunan WALI.

Amir Karamoy selaku Ketua Komite Tetap Waralaba & Lisensi Indonesia menjelaskan bahwa program Ekspor Waralaba & Lisensi Indonesia bertujuan untuk memperkenalkan Kekayaan Intelektual milik anak bangsa (berupa merk), sekaligus memasarkan produk-produk kreatif buatan Indonesia ke pasar internasional. Program ini digagas oleh Komite Tetap Waralaba & Lisensi Indonesia dan dalam pelaksanaannya bekerjasama dengan WALI dan dibantu pula oleh Kementrian Perdagangan RI dan Panorama Convex.

Dan nama-nama yang lolos seleksi program Ekspor Waralaba & Lisensi Indonesia 2010 adalah:
Kebab Turki Baba Rafi @ Franchise & License Expo Indonesia 20101. Kebab Turki Baba Rafi
    Bisnis makanan dengan menu utama kebab
2. Bakso Malang Kota Cak Eko
    Bisnis restoran dengan menu utama
    bakso malang
3. Coffee Toffee
    Bisnis minuman kopi
4. Ayam Tulang Lunak Hayam Wuruk
    Bisnis restoran dengan menu utama
    ayam tulang lunak
5. Aqualis
DMD Saring @ Franchise & License Expo Indonesia 2010    Bisnis Laundry
6. moz5 Salon Muslimah
    Bisnis salon
7. Mosaic Element
    Bisnis seni, kerajinan & fashion
8. DMD Saring
    Bisnis minuman teh
9. Apotek Malaka
    Bisnis apotek / obat-obatan
10. GwGuyur
    Bisnis salon motor
Tirta Ayu @ Franchise & License Expo Indonesia 201011. Quemama
    Bisnis kue & makanan ringan / snack
12. Jojo Cup
    Bisnis minuman jus tebu
13. Tirta Ayu
    Bisnis spa
14. Macsauto
    Bisnis salon mobil



Keempatbelas finalis tsb akan mendapatkan pelatihan di Pusat Pendidikan Ekspor Indonesia (PPEI), pendampingan dalam masalah legal, serta akan difasilitasi untuk mengikuti pameran-pameran franchise di luar negeri. Rencananya mereka akan diikutsertakan pada pameran franchise di Hongkong bulan Desember.

Bagi Anda yang tertarik untuk menjadi franchisee dari salah satu merk waralaba tersebut, jangan lewatkan event Franchise & License Expo Indonesia 2010 karena keempatbelas merk tsb hadir di sana.