Berita Franchise, Bisnis & Ekonomi

FLEI Expo Edisi ke-19 tahun 2022

Tanggal : 2022-11-09




FLEI Expo Edisi ke-19 tahun 2022

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tetap Baik,
Bisnis Franchise Jadi Incaran




Pelaku UMKM tanah air bakal memamerkan produk unggulannya dalam ajang pameran bisnis terbesar di Indonesia Franchise & License Expo Indonesia (FLEI) edisi ke 19 tahun 2022.

Jakarta, Kesuksesan Franchise & License Expo Indonesia (FLEI) dalam menyelenggarakan pameran bisnis di bulan Juni lalu, membuat Panorama Media selaku event organizer memantapkan gebrakan keduanya di November 2022 ini demi memberikan semangat optimisme bagi para pelaku bisnis khususnya di segmen waralaba untuk selalu berpikir maju ke depan tanpa batas dalam berinovasi demi meraih peluang-peluang baru.

Franchise & License Expo Indonesia (FLEI XIX) 2022 akan berlangsung di Assembly Hall, Jakarta Convention Center pada 18-20 November 2022. Mengusung tema "Limitless Opportunity", mempersembahkan "One Stop Solution for Business Opportunity Seekers", Pameran dibuka untuk umum mulai pukul 10.00 - 20.00 WIB dengan tiket masuk Rp.55.000,- per orang. Memamerkan 350 merek usaha waralaba, lisensi, pendukung usaha retail dan berbagai peluang usaha lainnya. Calon pewaralaba bebas mengunjungi stand yang diminati untuk mencari tahu tentang rencana bisnis yang akan dijalani. Opening Ceremony FLEI XIX akan berlangsung pada tanggal 18 November 2022 dengan peresmian secara simbolis. Acara diawali dengan paparan pengembangan industri waralaba di Indonesia dan dilanjutkan dengan sesi keynote speech oleh Kementerian Perdagangan yang akan membahas tren millennial yang gencar merambah ke sektor bisnis.

Acara ini digelar berdasarkan kerja sama Panorama Media bersama dengan Kamar Dagang & Industri Indonesia (KADIN) dan Perhimpunan Waralaba & Lisensi Indonesia (WALI). Tak hanya itu, tiga kementerian sekaligus turun mendukung FLEI edisi ke-19, yakni Kementerian Perdagangan, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil & Menengah, dan Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif. Dukungan terhadap pameran FLEI XIX juga di sambut dengan sangat positif oleh Dinas Biro Perekonomian dan Keuangan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta karena adanya kesamaan visi misi yaitu program percepatan pemulihan ekonomi khususnya bagi para pelaku UMKM.

FLEI Konsisten Menjadi Wadah Tepat Bagi Para Pelaku Bisnis

Press Conference FLEI XIX selesai digelar pada tanggal 8 November 2022 di salah satu mall bergengsi di Jakarta. Memilih lokasi di GoWork Plaza Indonesia yang merupakan premium co-working space dengan konsep modern minimalis ala anak kantor "masa kini". Tempat ini sengaja dipilih karena memiliki atmosfer positif vibes & cozy environment. Acara ini pun turut dihadiri oleh puluhan rekan-rekan media dan diakhiri dengan sesi tanya jawab bersama narasumber.

President Director dari Panorama Media, Royanto Handaya, menyampaikan optimisme atas kondisi ekonomi saat ini. Roy menilai “Masyarakat Indonesia secara de facto tidak terlalu terpengaruh dengan isu resesi 2023. Alih-alih menahan pengeluaran konsumtif pada sektor sekunder yaitu gaya hidup & hiburan, justru kenyataan di lapangan menunjukan bahwa animo masyarakat “meledak” semenjak fase pasca-pandemi. Hal ini di buktikan dengan padatnya beberapa gelaran festival musik maupun berbagai pameran di DKI Jakarta.”

Industri hiburan sukses di gelar membuktikan bahwa daya beli dan mobilitas masyarakat Indonesia masih tetap menunjukan reaksi positif tanpa terpengaruh isu-isu ekonomi yang sedang ramai diperbincangkan. Tri Rahardjo salah satu narasumber selaku Ketua Umum Asosiasi Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI), turut mempertegas “Saya sangat optimis jika animo sebegitu besarnya terhadap sektor sekunder saja disambut dengan baik oleh masyarakat, apalagi acara kami yang sudah jelas merupakan salah satu wadah ekosistem kebutuhan primer dari sandang, pangan & papan yang akan terfasilitasi di FLEI XIX nanti. Tentu saja tidak kalah ramainya karena masyarakat juga dilandasi asas kebutuhan pengelolaan finansial yang lebih baik. Bisa dengan ber-waralaba, ber-investasi atau mengembangkan bisnis pribadi dengan berbagai macam resources yang kami sediakan disana.”, ungkap Tri.

IMF (International Monetary Fund), merilis World Economic Outlook memproyeksikan bahwa di 2023, GDP Indonesia diprediksi mengalami pertumbuhan 5%. Ini tentu membawa ketenangan di tengah kekhawatiran masyarakat luas tentang resesi 2023. Memang sebuah fakta bahwa ekonomi global saat ini tetap berada dalam keadaan yang serba tidak pasti, namun hal ini belum tentu berlaku bagi Indonesia sehingga kita tidak perlu terlalu khawatir karena pertumbuhan ekonomi Indonesia masih tetap jauh lebih baik jika dibandingkan dengan negara-negara Top Tier GDP lainnya.

Alasan pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap terjaga adalah dengan menjaga konsumsi kebutuhan rumah tangga. Disamping itu peran pemerintah dalam upaya memperkuat daya beli masyarakat tetap konsisten dilakukan melalui kebijakan fiskal berpihak, demi melindungi masyarakat kelompok menengah bawah. Dengan konsumsi rumah tangga yang tetap berjalan, maka efek perlambatan ekonomi dan resesi global akan sangat minim dampaknya ke Indonesia.

Yang Spesial dari FLEI edisi XIX

Selain menampilkan berbagai merek waralaba dan lisensi, terdapat juga program diskusi dari pakar lokal hingga internasional di pameran FLEI XIX - 2022 "International Series" ini yang diharapkan bisa memberikan motivasi kepada para pelaku usaha tanah air untuk bisa Go International. “Sejalan dengan program pemerintah dalam menumbuhkan semangat kewirausahaan dikalangan generasi muda, dan upaya pemerintah mendorong umkm naik kelas. Tahun ini kami menyediakan sejumlah program dengan tema-tema menarik seputar bisnis waralaba, lisensi dan peluang usaha lainnya. Kami berharap program khusus ini dapat menambah wawasan baru, sekaligus memberikan update terkini seputar dunia waralaba agar dapat menumbuhkan pelaku usaha baru di Indonesia”, tambah Levita G. Supit selaku Vice Chairwoman Permanent Committee Franchising, Licensing & Network Marketing dari KADIN Indonesia.

Pada edisi kali ini ada satu hal lagi yang sangat spesial dan dihadirkan perdana secara eksklusifhanya di pameran FLEI XIX. Bukan sekedar gimmick semata penyematan kata License pada “Franchise & License Expo Indonesia”, FLEI kali benar-benar mengimplementasikan definisi Lisensi yang sesungguhnya, baik dalam bentuk produk maupun materi edukasi yang akan dikemas dalam program Licensing Brand Indonesia, dilengkapi oleh Licensing Pavilion beserta Private Meeting Room bagi Coorporate Brand yang serius untuk meningkatan sales & marketing produknya melalui License Collaboration ini. Project Manager FLEI XIX, Rulief Harjianto berani memastikan “FLEI adalah pameran bisnis pertama dan satu-satunya yang saat ini merealisasikan Licensing dalam konteks yang sebenernya secara komprehensif baik dari sisi edukasi, dedicated pavilion, attractive showcase, brand collaboration, business matching corporate brand dan masih banyak sub-program lainnya dari segmen License ini".

Yang menarik adalah akan dimunculkannya karakter-karaker Superhero dan kartun-kartun terkenal yang sempat menemani masa kecil kita di TV hingga berkembang menjadi Hollywood Movie di era saat ini, beberapa diantaranya bahkan menembus Box Office. Superhero dan Karakter Kartun ini akan di wujudkan dalam bentuk 2D Visual & Digital Motion, hingga 3D Action Figure untuk menarik perhatian pengunjung. Saat ini FLEI sudah mengkonfirmasi kehadiran beberapa perwakilan dari Entertainment Studio & Entertainment Company kelas dunia yang menaungi karakter-karakter tersebut seperti: NBC Universal, Sanrio, Hasbro, Warner Bros Discovery Global Consumer Products (WBDGCP), Discovery Global Brands & Experiences part of Warner Bros, Pacific Licensing Studio, Dino Island by Provaliant Group, Pinkfong, Medialink dan masih banyak lagi Entertainment Studio lainnya yang turut berpartisipasi di License Pavilion FLEI XIX nanti.


 
Franchise steaky steak ~ Peluang Bisnis Makanan Steak
Franchise steaky steak ~ Peluang Bisnis Makanan Steak