Franchise Zuppazip ~ Peluang Bisnis Makanan
Franchise Chocolate Ice Blend Pasco ~ Peluang Bisnis Minuman

WaralabaKu.com dan Action Coach

Halaman Utama Tentang ActionCOACH Seminar Bisnis ActionCoach

Konsultasi Bisnis & Franchise Bersama ActionCOACH
Topik: Bersaing Dengan Kompetitor

Daftar Pertanyaan / Konsultasi


 

 

Doddy - Clink Laundry (Surabaya)

Apa yang harus saya lakukan untuk menghadapi kompetitor yang ada?
Bagaimana cara mengenalkan brand saya ke penduduk sekitar selain lewat sepanduk atau brosur???

Terima kasih banyak atas jawabannya. . .
 

 

ActionCOACH :

Bila Anda memiliki USP (Unique Selling Proposition) yang kuat, Anda tidak lagi akan kuatir atas competitor. USP yang kuat bisa dari Customer Service yang Luar biasa, Operational Excellence, ataupun Product Leader. Silakan pilih satu mana yang menurut Anda merupakan keunikan perusahaan Anda. Lalu perkuat hal tersebut hingga competitor tdk mudah menirunya. Niscaya Anda tidak akan merasa lagi memiliki competitor.

Dengan USP yang kuat tentu akan memperkuat Brand Anda. Bahkan USP bisa menimbulkan efek marketing mulut ke mulut yang efektif dari para pelanggan Anda yang telah menikmati kepuasaan laundry di tempat Anda. Segera temukan dan tentukan USP Anda dan saya ingin mendengar kisah sukses Anda secepatnya.
 

 


 

 

Betty (Auckland)

Dear Coach, saya ada rencana untuk membuka usaha menjual roti dgn rasa dan bentuk yg special yang belum ada di indonesia dan membuatnya franchise suatu hari. Saat ini saya masih di luar negeri dan akan kembali ke indonesia dalam waktu sekitar 2 bulan. Tantangan saya adalah, saya belum ada pengalaman sama sekali dalam hal ini, saya khawatir begitu saya mulai usaha ini di indonesia, competitor lain akan segera membuka dan menjual hal yg sama. Bagaimana memastikan dari awal agar apa yg saya jual ini tidak dicontoh oleh org lain? dan persiapan-persiapan apa yg harus saya lakukan? Terima kasih di muka untuk masukan2nya.
 

 

ActionCOACH :

Dear Betty,

Senang sekali ada anak bangsa yang mau ‘pulang kampung’ dan meramaikan bisnis roti di Indonesia. Indonesia adalah pasar yang potensial dengan jumlah penduduk mencapai 240 juta jiwa, terbesar keempat setelah China, India, dan Amerika.

Sudah jamak terjadi bila ada suatu produk yang laris-manis, pasti duplikatnya akan segera keluar. Betty harus memastikan bahwa produk roti ini memiliki kekuatan USP (Unique Selling Proposition) yang jelas. USP ini dapat berupa rasa yang khusus, bentuk yang unik, cara layanan yang menarik, dan lain sebagainya. Silakan Betty temukan USP yang calon competitor tidak mudah untuk menirunya.

Sebagai contoh, beberapa tahun lalu ada pengusaha Indonesia yang belum pernah berjualan roti mengambil franchise salah satu merek roti baru dari Singapore. Salah satu keunikannya adalah produk berupa Roti yang ditaburi Abon dengan krim khusus di dalamnya. Saat launching pertama kali di salah satu mal di Jakarta Utara, antrian untuk membeli roti ini mengular sampai beberapa meter dan membuat kehebohan di mal tersebut. Kesuksesan Roti Abon ini tentu mengundang competitor untuk membuat produk sejenis. Hasilnya, hampir setiap toko roti di Jakarta memiliki produk Roti Abon. Yang menarik, Roti Abon yang ‘asli’ susah untuk ditiru secara rasa karena memiliki tekstur dan rasa yang khas, sehingga sampai saat ini Roti Abon ‘asli’ tersebut tetap ramai dibeli konsumen. Bahkan tak jarang didapati konsumen masih mengular untuk membelinya. Bila Betty memiliki USP yang sangat kuat, mengapa harus kuatir dengan competitor ?
 

 
Franchise Gulali Arumanis Rainbow ~ Peluang Bisnis Cotton Candy
Franchise Gulali Arumanis Rainbow ~ Peluang Bisnis Cotton Candy