Franchise Chicken Popop ~ Peluang Bisnis Chicken Popcorn
Franchise Martabak Mini Rainbow ~ Peluang Bisnis Martabak Mini Bermacam Topping

WaralabaKu.com dan Action Coach

Halaman Utama Tentang ActionCOACH Seminar Bisnis ActionCoach

Konsultasi Bisnis & Franchise Bersama ActionCOACH
Topik : Memulai Usaha / Bisnis

Daftar Pertanyaan / Konsultasi


 

 

Meli Kurniawati (Jakarta)

Saya baru akan memulai bisnis yaitu dalam menjual pakaian.....
Namun saya belum berani untuk memasarkannya, dan saya tidak percaya diri untuk menjualnya takut gagal.......... Atau tidak laku..........
Bagaimana solusinya????
 

 

ActionCOACH :

Bila Anda belum mencobanya berarti Anda sudah gagal. Mengapa tidak Anda coba saja sehingga ada kemungkinan berhasil ?
 

 


 

 

Betty (Auckland)

Dear Coach, saya ada rencana untuk membuka usaha menjual roti dgn rasa dan bentuk yg special yang belum ada di indonesia dan membuatnya franchise suatu hari. Saat ini saya masih di luar negeri dan akan kembali ke indonesia dalam waktu sekitar 2 bulan. Tantangan saya adalah, saya belum ada pengalaman sama sekali dalam hal ini, saya khawatir begitu saya mulai usaha ini di indonesia, competitor lain akan segera membuka dan menjual hal yg sama. Bagaimana memastikan dari awal agar apa yg saya jual ini tidak dicontoh oleh org lain? dan persiapan-persiapan apa yg harus saya lakukan? Terima kasih di muka untuk masukan2nya.
 

 

ActionCOACH :

Dear Betty,

Senang sekali ada anak bangsa yang mau ‘pulang kampung’ dan meramaikan bisnis roti di Indonesia. Indonesia adalah pasar yang potensial dengan jumlah penduduk mencapai 240 juta jiwa, terbesar keempat setelah China, India, dan Amerika.

Sudah jamak terjadi bila ada suatu produk yang laris-manis, pasti duplikatnya akan segera keluar. Betty harus memastikan bahwa produk roti ini memiliki kekuatan USP (Unique Selling Proposition) yang jelas. USP ini dapat berupa rasa yang khusus, bentuk yang unik, cara layanan yang menarik, dan lain sebagainya. Silakan Betty temukan USP yang calon competitor tidak mudah untuk menirunya.

Sebagai contoh, beberapa tahun lalu ada pengusaha Indonesia yang belum pernah berjualan roti mengambil franchise salah satu merek roti baru dari Singapore. Salah satu keunikannya adalah produk berupa Roti yang ditaburi Abon dengan krim khusus di dalamnya. Saat launching pertama kali di salah satu mal di Jakarta Utara, antrian untuk membeli roti ini mengular sampai beberapa meter dan membuat kehebohan di mal tersebut. Kesuksesan Roti Abon ini tentu mengundang competitor untuk membuat produk sejenis. Hasilnya, hampir setiap toko roti di Jakarta memiliki produk Roti Abon. Yang menarik, Roti Abon yang ‘asli’ susah untuk ditiru secara rasa karena memiliki tekstur dan rasa yang khas, sehingga sampai saat ini Roti Abon ‘asli’ tersebut tetap ramai dibeli konsumen. Bahkan tak jarang didapati konsumen masih mengular untuk membelinya. Bila Betty memiliki USP yang sangat kuat, mengapa harus kuatir dengan competitor ?
 

 


 

 

Bpk Ardianto M. (Yogyakarta)

“Saya berminat untuk investasi di salah satu bisnis franchise, namun saya masih bimbang apakah sebaiknya mulai sekarang atau tidak, soalnya saya dengar2 berbisnis franchise sekalipun tidak menjamin sukses yang pasti. Sedangkan saya sendiri belum punya pengalaman bisnis dan saat ini masih bekerja jadi waktu saya untuk full time di bisnis juga terhambat.
Pertanyaan saya adalah :
Apa saya bisa memulai bisnis franchise dengan batasan waktu dan pengalaman yang saya punya ?
Prioritas apa yang sebaiknya saya ambil jika saya serius ingin bisnis ?
Haruskah saya berhenti bekerja dan fokus dibisnis seperti kata bbrp teman saya ?
Bagaimana mengelola bisnisnya jika seandainya saya memutuskan untuk tetap bekerja?
Mohon pencerahannya .... "

 

ActionCOACH :

"Sebelum memilih franchise/business opportunity yang sesuai dengan budget dan pilihan bapak, ada beberapa hal penting lainnya yang harus Pak Ardianto ketahui. Kebanyakan orang menganggap bahwa ketika mereka membeli sebuah franchise berarti mereka pasti berhasil atau sukses. Nyatanya TIDAK.

Berapa banyak usaha franchise yang tutup/bangkrut?  Berapa banyak franchisee yang pusing dengan franchise yang mereka ambil, karena system dan prosedur yang dijanjikan si franchisor tidak semulus yang dijelaskan sebelumnya.  Tapi bukan berarti bahwa bisnis franchise kurang bagus, melainkan kita sebagai calon pembeli franchise harus punya “mental pengusaha” yang tepat. Dan juga disertai ilmu dan pengetahuan bisnis yang benar. Bukan hanya nekat dan asal jalan saja. Karena sebenarnya, keberhasilan suatu bisnis tergantung dari ORANG yang menjalankannya.

Untuk sementara waktu, bapak masih bisa jalankan keduanya. Bekerja sambil  punya bisnis sendiri. Tapi sebaiknya Anda juga memberikan batas waktu ke diri sendiri, kapan waktu yang tepat untuk Anda bisa fokus ke bisnis yang sudah Anda pilih. Saya yakin dengan berbisnis sendiri, setiap orang dapat memiliki penghasilan yang tidak terbatas, jika menjalankannya dengan cara yang benar."

 
Franchise Pasco ~ Passion of Chocolate ~ Peluang Bisnis Minuman Cokelat
Franchise Pasco ~ Passion of Chocolate ~ Peluang Bisnis Minuman Cokelat