Franchise Chicken Popop ~ Peluang Bisnis Chicken Popcorn
Franchise Martabak Mini Rainbow ~ Peluang Bisnis Martabak Mini Bermacam Topping

Artikel

Mengapa Sistem Franchise Dan Bagaimana Memilihnya

Author : Royandi Yunus
Afiliasi : IFBM
Tanggal : 2014-08-21
Topik : Hal-Hal Penting Mengenai Usaha Franchise




Mengapa Sistem Franchise Dan Bagaimana Memilihnya

Keputusan untuk terjun ke dunia bsinis tentunya memerlukan keberanian yang besar. Memilih sistem bisnis yang singkat tingkat resikonya tidak sebesar memulai bisnis dari nol adalah franchising, padahal sistim ini hanyalah salah satu cara dalam sistem pemasaran yang sangat banyak ragamnya.

Calon franchise tinggal "membeli bisnis" untuk menambah penghasilanya, sedangkan Franchisor sebagai pemilik bisnis tinggal menjual bisnisnya ( bisnis modlnya ) untuk menambah keuntungannya.

Dalam berbisnis dengan sistem franchise, walaupun tidak seperti merintis bisnis sendiri, kita tetap wajib meluangkan waktu dan tenaga untuk menjalankannya. Bedanya, bila menjalakan bisnis sendiri adalah seperti mengontrol bayi yang baru lahir untuk belajar duduk, merangkak, kemudian belajar berjalan dan kemudian belajar berlari dengan cara coba - coba, meniru atau bertanya pada teman ( belum tentu tepat sebagai nara sumber ). Dengan sistem franchise kita seperti mengontrol anak yang sudah dapat berjalan untuk berlari lari dengan cara mengikuti prosedur yang sudah teruji dan memiliki ahli yang tepat dan sudah tersedia sebagai tempat bertanya. Relatif jauh lebih mudah, tapi tetap memerlukan perhatian, waktu dan tenaga. Bila kita tidak turut bekerja, bagaimana mungkin bisnis tersebut dapat bertahan dan memberikan keuntungan kepada kita.

Cara awal yang mudah untuk mengetahui apakah bisnis yang diminati itu betul - betul dijalankan secara franchising sebenarnya adalah dengan menanyakan apakan Franchisor sudah memiliki STPW atau tidak. STPW adalah Surat Tanda Pendaftaran Waralaba yang diatur oleh Pemerintah dalam Peraturan Pemerintah No. 42 tahun 2007 tentang Waralaba. Franchisor yang serius dengan bisnisnya tentunya sudah memiliki STPW atau paling tidak mengaku masih dalam pengurusan. Tidak semua pebisnis bisa mendapatkan STPW karena untuk mendapatkanya ada syarat - syarat yang harus dipenuhi oleh Franchisor secara serius dan benar serta memiliki sangsi. Diluar hal tersebut umumnya disebut sebagai Kemitraan Business Opportunity atau Lisensi
( bila menyangkut pemakaian merk bisnis ).



Artikel Terkait

>
Waralaba Dalam Undang - Undang Perdagangan ( Tanggal : 2014-03-21 )
Author : Amir Karamoy           Afiliasi : Ketua Komite Tetap Waralaba
   

 
Franchise Pasco ~ Passion of Chocolate ~ Peluang Bisnis Minuman Cokelat
Franchise Pasco ~ Passion of Chocolate ~ Peluang Bisnis Minuman Cokelat